Nandita Ayu Salsabila

Ikuti jejak Juara sang Bunda

Lahir dari keluarga atlet, Nandita Ayu Salsabila ata lebih akrab disapa Ayu ini serius mengikuti jejak ibunya. Ia menorehkan berbagai prestasi sebagai pemain voli.

Nandita Ayu Salsabila atau biasa disapa Ayu ini lahir di Jakarta, 12 Juli 1997. Ia tumbuh dari keluarga olahraga. Sang ayah, Sudirman adalah seorang pemain sepakbola profesional dan ibunya Tri Wahyuni atlet voli yang pernah membela Timnas Indonesia.

Nandita Ayu Salsabila sudah mengenal voli sejak masih duduk di Sekolah Dasar (SD). Kelas 2 SD ia sering melihat ibunya bermain voli. Awalnya, ia berlatih voli dengan melakukan passing.

Melihat anaknya mulai menyukai olahraga voli, ibunya langsung mengarahkan Ayu untuk lebih serius. Selain kedua orang tuanya seorang atlet, kedua adik Ayu juga menggeluti bidang olahraga. Adik pertamanya, Tasya seorang atlet voli dan yang paling bungsu, Rizky M Sudirman seorang pesepakbola.

Berada dalam keluarga atlet, Nandita Ayu Salsabila dengan mantap fokus untuk menekuni karier dan menjadi atlet profesional bergabung dengan Sekolah Khusus atlet di Ragunan, Jakarta. Meskipun begitu ia tidak pernah merasa terpaksa dengan sekolah di sana.

Ayu sudah mengikuti kejuaraan nasional ketika duduk di kelas 2 SMP dengan membela DKI Jakarta. Penampilannya yang memukau di kejurnas, ia terpilih untuk mengikuti ASEAN School Games pada 2012 di Thailand. Saat itu, ia menjadi pemain timnas paling muda.

Pada tahun itu juga, Nandita Ayu Salsabila bergabung dengan Jakarta Popsivo Polwan untuk berkiprah di Proliga. Hebatnya, ia berhasil membawa Popsivo menjadi juara Proliga dua kali berturut-turut, tahun 2012 dan 2013.

Pemain yang berposisi sebagai open spike ini terpilih Timnas Indonesia untuk mengikuti ajang SEA Games Myanmar 2013. Sayangnya, Indonesia hanya meraih medali perunggu.

Pada tahun 2016, Nandita Ayu Salsabila kembali terpilih membela Indonesia untuk mengikuti Piala VTV 2016. Meskipun finis diperingkat ketiga, Ayu dinobatkan menjadi Miss Bola Voli di ajang tersebut.

Pada Proliga 2017, Ayu memperkuat tim Jakarta Pertamina Energi. Ia dan kawan-kawan hanya berhasil menjadi runner up, setelah di final kalah dari Jakarta Elektrik PLN.

Permainan Nandita Ayu Salsabila yang semakin matang membuatnya kembali dipanggil Timnas Indonesia untuk ajang SEA Games Malaysia 2017. Ayu dan kawan-kawan hanya sanggup meraih medali perak setelah dikalahkan Thailand di final. Dengan hasil tersebut, Ayu hanya mampu menyamai pencapaian prestasi ibunya yang pernah juga meraih perak pada ajang SEA Games.

Keluarga Nandita Ayu Salsabila

  • Ayah : Sudirman
  • Ibu : Tri Wahyuni
  • Saudara :Tasya Aprilia Putri, Rizky M Sudirman

Karir Nandita Ayu Salsabila

  • Sekolah Khusus Olahragawan Ragunan, Jakarta
  • Jakarta Popsivo Polwan, 2012
  • Jakarta Pertamina Energi, 2017
  • Timnas Indonesia, 2012-2017

Pencapaian Nandita Ayu Salsabila

  • Juara Proliga 2012, Jakarta Popsivo Polwan
  • Juara Proliga 2013, Jakarta Popsivo Polwan
  • Medali Perunggu, Timnas Indonesia, SEA Games Myanmar 2013
  • Medali Perunggu, Timnas Indonesia, SEA Games Singapura 2015
  • Medali Perak, Timnas Indonesia, SEA Games Malaysia 2017
  • Runner Up Proliga 2017, Jakarta Pertamina Energi
News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *